Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan dan Kelebihannya

Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan dan Kelebihannya

Jenis-Jenis Keyboard beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan dan Kelebihannya - Apakah kalian pernah berpikir tentang apa itu keyboard, baik pada komputer maupun laptop? Pasti kebanyakkan di antara kalian hanya tahu keyboard yang bermodelkan qwerty saja, padahal di dunia ini terdapat banyak sekali jenis keyboard yang mungkin baru kalian dengar ataupun melihatnya. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan semua tentang jenis keyboard, baik dari pengertian, jenis, bentuk, maupun dari sisi konektivitas sampai kelemahan dan kelebihannnya masing-masing.

Pengertian Keyboard

Baik kita mulai dari yang pertama, jadi apa itu keyboard?

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang memiliki berbagai macam tombol untuk menginputkan data berupa huruf, angka, simbol maupun perintah dasar dengan menekan beberapa tombol bersamaan.

Fungsi Keyboard

Keyboard berfungsi untuk menginputkan / memasukkan data ke dalam komputer, baik berupa huruf, angka, simbol (unicode), dan berbagai macam perintah komputer dengan menekan beberapa tombol keyboard sekaligus.

Jenis Jenis Keyboard

Keyboard sendiri sebenarnya memiliki jenis yang cukup bervariasi, dan semuanya memiliki perbedaan dari bentuk, harga, dan fungsinya. Untuk lebih mudahnya, kita akan membagi jenis keyboard ini dari beberapa dasar, baik berdasarkan tombolnya, konektivitas, fungsinya, dsb.

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuknya

1. Keyboard QWERTY

Keyboard ini dinamakan sesuai tombol yang di ambil dari 6 huruf berurutan pada baris huruf pertama keyboard tersebut. Keyboard ini didesain sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering ditekan letaknya dipisah untuk mempermudah pengetikan dan meminimalisir salah ketik (typo) pada saat seseorang mengetik. Selain itu keyboard QWERTY ini sangat terkenal dan sudah ada sejak tahun 1973, serta menjadi keyboard umum untuk komputer atau laptop di seluruh dunia.

  • Kelebihan: Mudah digunakan, jika sudah rusak sangat mudah menemukan toko yang menjual keyboard ini.
  • Kelemahan: Bagi pemula pasti akan kesulitan menggunakannya, karena mereka belum terbiasa.

2. Keyboard Numeric

Keyboard ini biasanya di gunakan oleh para accounting untuk memasukkan bilangan yang jumlahnya besar. Karena jika menggunakan keyboard ini, tata letak tombol-tombolnya dapat di jangkau dengan tangan dan akan lebih mudah. Selain lebih fleksibel dan mudah digunakan, keyboard ini akan membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan dalam waktu singkat.

  • Kelebihan: Mudah digunakan untuk memasukkan angka dalam jumlah besar.
  • Kelemahan: Sulit memasukkan data berupa karakter alphabet.

3. Keyboard Dvorak

Dengan susunan huruf yang ada di keyboard ini, tangan kanan akan lebih banyak bekerja ketimbang dengan tangan kiri. Selain itu, sekitar 70% dirancang agar ketukan jatuh pada home row agar dapat mengurangi rasa kelelahan dalam pengetikan.

Tidak banyak yang menggunakan keyboard ini dan masih banyak user yang belum mengetahui secara rinci mengenai keyboard ini, untuk itu keyboard ini menjadi american style karena lebih dominan hanya digunakan di negara Amerika saja.

  • Kelebihan: Tidak mudah membuat jari dan pergelangan tangan kelelahan.
  • Kelemahan: Sulit dipakai jika tidak terbiasa, khususnya untuk orang kidal. Selain itu keyboard ini jarang dijumpai di Indonesia.

4. Keyboard Alphabetic

Tombol yang terdapat pada keyboard ini susunannya sama persis seperti pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet (dari A sampai Z). Akan tetapi keyboard ini jarang sekali digunakan, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan.

  • Kelebihan: Sangat cocok untuk orang yang kesulitan menggunakan keyboard QWERTY, karena susunan hurufnya urut dari A sampai Z.
  • Kelemahan: Biasanya user akan cepat lelah dan terkesan lambat dalam mengetik.

Jenis Keyboard berdasarkan Bentuknya

1. Keyboard Standar/Universal

Sama seperti keyboard umumnya, keyboard standar memiliki bentuk seperti papan yang terdiri dari beberapa bagian-bagian tombol keyboard. Keyboard ini juga merupakan keyboard yang paling sering kita jumpai, karena keyboard standar adalah keyboard untuk komputer yang paling banyak dipakai orang.

  • Kelebihan: Mudah digunakan, dan dipakai oleh banyak orang sehingga kita tidak perlu beradaptasi dengan keyboard jenis lainnya.
  • Kelemahan: Pengguna akan sedikit kerepottan jika ada salah satu tombol yang terus tertekan (mblesek/terpencet ke dalam keyboard tanpa kembali ke posisi normal).

2. Keyboard Klockenberg

Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard sebelumnya yang sudah ada, dalam artian dibagi menjadi dua bagian yang terpisah. Bagian kiri dan kanan dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.

Keyboard ini dibuat lebih tipis dan dekat dengan meja, sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak keyboard ini tidak hanya mengurangi beban otot pada jari dan pergelangan tangan. Akan tetapi, juga mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, sebab terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadi lebih banyak ruang untuk mengetik sehingga tidak membuat otot tegang :).

  • Kelebihan: Mudah digunakan dan nyaman, serta tidak mudah membuat otot tangan menjadi tegang.
  • Kelemahan: Sangat merepotkan apabila harus dibawa bepergian, meski umumnya jarang ada orang yang membawa keyboard ini bepergian ke tempat lain.

3. Keyboard Epic-Bluethooth Virtual

Nah kalau ini adalah keyboard keluaran terbaru yang dinantikan oleh setiap orang. Keyboard ini berbentuk epic bluethooth virtual, dan muncul dengan laser di daerah datar seperti halnya senter.

Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone ataupun tablet. Bentuknya seperti QWERTY dan memungkinkan user bisa mengetik dengan 350 karakter permenitnya.

  • Kelebihan: Keyboard ini seperti dari masa depan, sangat mudah dipakai, praktis, dapat dibawa kemanapun, dan hemat tempat.
  • Kelemahan: Harganya masih mahal, dan masih jarang kita temui.

Jenis Keyboard Berdasarkan Konektivitasnya

1. Keyboard PS/2

Keyboard ini dari namanya saja sudah ketahuan sekali bahwa untuk menghubungkannya dengan komputer menggunakan port PS/2. Keyboard yang masih bisa kita jumpai ini memiliki port berbentuk lingkaran dengan beberapa jarum kecil yang susunannya cukup unik, namun hal ini membuat orang sulit mencolokkannya ke CPU dan terkadang karena salah posisi pin atau jarumnya bisa patah.

  • Kelebihan: Harganya lebih murah.
  • Kelemahan: Jika salah menancapkan port ke CPU, bisa membuat jarum/pin pada port akan bengkong atau patah.

2. Keyboard USB

Sama seperti keyboard lainnya, dia menggunakan port USB untuk konektivitasnya. Sehingga orang tidak akan sulit memasangnya karena port USB ini sudah mendunia, bahkan hampir semua hardware tambahan seperti modem, mouse, dan flashdisk menggunakan port ini.

  • Kelebihan: Mudah dicolokkan ke CPU, dan minim resiko kerusakan port.
  • Kelemahan: Jika kabelnya tertarik dengan agak kecang, makan akan lepas dari CPU.

3. Keyboard Wireless

Keyboard wireless? Yup, ini adalah keyboard yang sedang menjadi trend belakangan ini. Karena user tidak akan direpotkan dengan kabel yang serawutan lagi, jadi keyboard ini menggunakan sinyal wifi untuk koneksinya. Meski demikian, tetap saja portnya menggunakan USB untuk mengarahkan sinyal wifi ke radar pada papan keyboard. Fungsinya pun sama yakni, menginputkan data ke CPU.

  • Kelebihan: Pengguna tidak dipusingkan dengan kabel yang serawutan.
  • Kelemahan: Harganya masih mahal, dan memakan lebih banyak daya karena menggunakan sinyal wifi khusunya pada laptop/notebook yang didayai dengan batre.

Jenis Keyboard berdasarkan Fungsinya

1. Keyboard Standart

Keyboard standar tentu lebih difungsikan sebagai hardware untuk menginputkan data ke CPU dengan menekan tombol yang ada. Umumnya keyboard ini dijual dengan harga murah serta dipakai untuk melakukan tugas pengetikan, dan kadang tugas accounting ringan seperti yang digunakan beberapa jurusan Sekolah Menengah Kejuruan.

  • Kelebihan: Harganya murah, dan mudah dijumpai.
  • Kelemahan: Cepat rusak apabila dipakai dengan cara yang berlebihan.

2. Keyboard Gaming

Yang terkahir keyboard dengan teknologi mutahkir dan arsitektur tebaru dengan harga pasaran anti-mainstream, yaitu keyboard gamming. Siapa yang tidak suka game? Semua orang tentu saja pasti menyukainya, baik yang ringan maupun yang berat macam Battlefield 4, GTA V, sampai Assassins Creed Unity, yang membutuhkan spesifikasi hardware kelas tinggi.

Keyboard ini tentu lebih dikhususkan untuk bermain game, karena tombol dan model atau arsitektur keyboard ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para gammers bermain game dengan nyaman. Terutama tombol sejuta umat W,A,S,D yang wajib digunakan untuk menginputkan perintah. Selain bentuk dan tampilan yang garang, harga yang dibanderol pun tidak tanggung-tanggung, bahkan terkesan mahal untuk sebuah keyboard. Mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah tergantung dari merk dan fitur yang ditawarkannya.

  • Kelebihan: Kualitas kelas wahid, tidak cepat rusak, multifungsi, memiliki keunggulan yang cukup signifikan dibandingkan keyboard standar.
  • Kelemahan: Harganya terlalu mahal, jarang dijumpai, dan kurang cocok digunakan untuk kalangan umum.


Buat kamu yang ingin mempelajari artikel ini, kamu bisa mendownlad ebooknya di bawah ini. Dengan catatan tidak merubah isinya sedikitpun, dan tidak meng-upload ulangnya tanpa izin.

Download ebook artikel ini:
Google Drive : Download Pdf
Zippyshare : Download Pdf
Dropbox : Download Pdf
Upfile : Download Pdf

Baiklah itu dia tadi artikel jenis jenis keyboard beserta gambar, fungsi, kelemahan dan kelebihannya. Jika ada kekurangan silahkan berkomentar, dan jika ingin copas artikel ini harap cantumkan sumbernya. Terima kasih :D.

8 Responses to "Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan dan Kelebihannya"

  1. Komentar pertama, jenis keyboard beserta gambar, fungsi, kelemahan dan kelebihannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan Dan Kelebihannya - Trojanymous >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan Dan Kelebihannya - Trojanymous >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar, Fungsi, Kelemahan Dan Kelebihannya - Trojanymous >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 7B

      Hapus
  2. Hem .. Apakah keyboard selain tombol qwerty ada ga ya?

    BalasHapus
  3. teman2 typers ane biasanya menggunakan keyboard dvorak gan. ane kurang paham dengan kelebihannya kalo dipake

    BalasHapus
  4. punya budget dibawah mending beli yang biasa biasa aja, yang penting bisa dipake kan

    BalasHapus
  5. tetap lebih terbiasa yang Qwerty hahaha

    BalasHapus
  6. Waduh, ilmu baru nih, gan.
    Betewe ane baca sampe abisss

    BalasHapus
  7. woowww Manteb Broo update tentang KB terbaru itu bro yang plus mouse itu ., haha jadi pengen punya

    BalasHapus

Komentar yang mengandung spam akan dihapus!