Jenis-Jenis Mouse pada Komputer Beserta Gambar dan Sejarahnya

Jenis-Jenis Mouse pada Komputer dan Gambar Beserta Sejarahnya

Jenis-Jenis Mouse pada Komputer beserta Gambar dan Sejarahnya - Di artikel yang ketiga ini, saya akan sedikit membahas tentang jenis mouse dan gambarnya, sejarah mouse. Entah itu tahun diproduksinya, perbedaan dari tahun ketahunnya, dan lain sebagainya. Tentu mouse memang sangat erat kaitannya dengan komputer ataupun laptop, meski sudah berteknologikan layar sentuh tapi tetap saja keberadaan mouse tidak bisa kita lupakan begitu saja, apalagi buat yang hobi bermain game tembak-tembakkan seperti PB, CS, sampai Battlefield.

Apa itu mouse?

Mouse adalah perangkat keras atau hardware komputer yang berfungsi untuk menggerakan cursor pada tampilan sistem operasi.

Sejak pertama kali diciptakan, mouse memiliki bentuk yang besar layaknya alat penyetrika pakaian. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, mouse pun mengalami perubahan. Mulai dari bentuk, teknologi input yang digunakan, jenis port yang digunakan sampai fungsinya sendiri.

Sejarah Mouse Komputer

Kita mulai dari penemunya dulu, siapakah dia? Dia adalah Douglas Engelbart orang yang pertama kali membuat mouse komputer. Berbentuk balok yang terbuat dari kayu. Engelbart pernah bekerja di Stanford Research Institute saat itu, dengan menghabiskan banyak tenaga dan pikirannya untuk proyek yang dirasa suatu saat akan menambah kepandaian dan kecerdasan bagi umat manusia. Engelbart berserta atasanya , Bill English, telah menerima hak patennya pada tahun 1970 untuk karyanya atas "Position X-Y" yang diterjemahkan ke dalam sebuah indikator dalam sebuah system display. Saat itu langsung diberi nama "mouse" karena kabel yang memanjang sampai terlihat dari belakang PC dan lebih mirip seperti ekor tikus, tapi pada saat itu Komputer (PC) tidaklah rumit dan canggih seperti sekarang.

Stanford Research Institute memberikan uang lisensi untuk apple dengan nilai yang katanya berjumlah sekitar US$40.000 dan Engelbart sendiri belum pernah sekalipun menerima uang royalti dari hasil penemuannya. Namun pada tahun 2000 dia telah menerima Medali Nasional dalam bidang teknologi untuk pengembangan mouse dan membantu untuk mengembangkan Hypertext, yang keduanya sangat berpengaruh pada perkembangan tehnology personal komputer (PC).

Tahun Diproduksinya Mouse

Berikut adalah daftar tahun-tahun dimana berbagai jenis mouse diproduksi, tapi mohon maaf tidak saya sertakan gambarnya karena udah mepet waktunya. And perbedaannya tahu sendirilah, atau browsing lagi saja kalau tidak paham :)

  • 1968: Douglas Engelbart membuat mouse pertama yang terbuat dari kotak kayu dan 2 roda besi. Diperkenalkan pertamakali di sebuah konferensi di San Francisco.
  • 1972: Kali ini rekan kerja dari Douglas, Bill English memperkenalkan sebuah sistem baru penunjuk menggunakan sebuah "ball mouse". Ya mirip dengan Douglas sih, cuma dia kan udah bukan bola besi lagi.
  • 1981: Richard Lyon dan Steve Kirsch membuat sebuah mouse yang menggunakan cahaya LED untuk megarahkan kursor pada layar monitor. Nah, di sini baru dimulai kebangkitan mouse optical bro, yang biasa kita pakai.
  • 1983: Microsoft membuat mouse pertama-nya dengan nama "Green Eyed", dengan bermodalkan teknologi barunya yakni ditambahkannya dua buah tombol baru. Yang biasa kita sebut klik kanan dan klik kiri gitu, baru tahu kan?
  • 1991: Logitech membuat "MouseMan" dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF. Apa itu teknologi RF? Wkwkwk saya gak tahu, jadi kita skip aja bagian ini.
  • 1995: Mouse dengan menggunakan teknologi terobosan baru yaitu scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton "Mighty Mouse". Dengan adanya tombol scroll ini memudahkan kita dalam melakukan scroll atau menggulung layar, dalam artian tidak terlalu membutuhkan gerakan tangan yang bertele-tele.
  • 2006: Logitech dan Gyration merilis desain dari "air mouse", sebetulnya saya juga tidak terlalu paham dengan mouse ini. Cuma menurut pendapat saya, mouse jenis ini mulai menjadi tanda awal era baru dalam pembuatan model mouse.
  • Sekarang: Mouse dengan teknologi laser 3,5G - 5600 dpi (Gamers Only). Kenapa saya katakan demikian? Ya karena sensor mouse jenis ini sangat bagus, apalagi dalam geseran yang cukup cepat layaknya seorang gammer sedang bermain game FPS. Jadi wajarlah harga yang bandrol cukup tinggi, karena memang sudah memakai teknologi terbaru saat ini.
  • Masa Depan: Entahlah, belum ada yang tahu tentang mouse model seperti apa yang akan dibuat pada masa yang mendatang.

Jenis Mouse Bedasarakan Bentuk atau Fisiknya

1. Mouse Standar

Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan. Mouse jenis ini bisa berupa mouse wireless ataupun kabel, dan juga bisa berupa mouse optic ataupun trackball dan juga bisa berupa mouse dengan port PS/2 ataupun Port USB. Mouse jenis ini banyak digunakan pada komputer Desktop (PC), yang notabenenya jarang sering dibawa beperpergian.

Mouse jenis ini memiliki ukuran yang lumayan besar, kira-kira berukuran hampir sama panjangnya dengan tangan manusia, dan memang dibuat agar pas saat didekap dengan seluruh telapak tangan manusia.

2. Mouse Mini

Mouse mini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mouse standar. Mouse ini kebanyakan menggunakan konektivitas wireless dan ada juga yang menggunakan port USB sebagai konektornya. Selain itu, mouse ini juga menggunakan teknologi optic untuk inputnya, dan mudah untuk dibawa kemanapun dan juga praktis. Sehingga banyak digunakan untuk keperluan laptop dan komputer jinjing, seperti anak kuliahan maupun pelajar umum.

3. Mouse Fancy

Mouse fancy sebenarnya bukan jenis mouse resmi, namun banyak ditemukan di toko komputer. Mouse ini biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik, bisa berbentuk seperti mobil, baju, dan sebagainya. Lebih tepatnya ini hanya mouse biasa yang didesain dengan karakter kartun supaya lebih menarik. Mouse ini bisa berkuran normal maupun kecil, kebanyakan menggunakan port USB dan banyak digunakan pada laptop dan notebook.


Jenis Mouse Berdasarkan Teknologi Inputnya

Dari hal yang saya tahu, teknlogi input yang digunakan oleh mouse ada 2 jenis, yakni menggunakan trackball dan sinar LED.

1. Mouse Trackball

Sepertinya saat ini mouse dengan teknologi trackball sudah tidak dijual lagi di pasaran, karena memiliki respon yang lambat dan mudah mengalami kerusakan. Mouse jenis ini menggunakan sejenis bola karet pada bagian bawah mouse, sebagai input pergerakan kursornya. Kalau rusak ataupun bolanya lepas, biasanya itu buat mainan kaya kelereng hehe.

2. Mouse Optic

Mouse ini merupakan jenis mouse yang paling banyak digunakan, dan sepertinya hampir semua mouse di dunia menggunakan teknologi optic sebagai metode inputnya. Dengan menggunakan teknologi optic, maka bobot mouse dapat berkurang sangat banyak, dan ukuran mouse bisa dibuat menjadi lebih kecil. Respon dari mouse optic pun menjadi lebih baik dan juga cepat.

Jenis Mouse Berdasarkan Port yang Digunakannya

Sama layaknya dengan alat input lainnya seperti keyboard, mouse juga menggunakan port yang berbeda-beda, yakni:

1. Mouse Port PS/2

Mouse dengan port PS/2 merupakan konektor yang sudah jadul dan jarang digunakan. Kebanyakan komputer port PS/2 ini hanya terdapat pada komputer PC desktop lawas, dan beberapa PC desktop masa kini. Konektor berbentuk bulat dengan beberapa pin di dalamnya dan menggunakan kabel yang tebal, dan agak sulit menancapkannya ke CPU.

2. Mouse Port USB

Mouse dengan port USB banyak digunakan pada laptop dan komputer desktop modern. Dengan menggunakan port USB ini, mouse bisa mendukung konektivitas wireless maupun kabel dan tentunya kabel yang digunakan akan menjadi jauh lebih tipis daripada port PS/2.



Jenis Mouse Berdasarkan Konektivitasnya

Pasti sudah tahulah, dengan membaca beberapa penjelasan di atas konektivitas mouse juga dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Mouse Kabel (Wired)

Yah tentulah ini mouse yang menggunakan kabel. Saat in masih banyak digunakan dan menggunakan teknologi optic serta menggunakan port USB ataupun PS/2 (tapi jarang yang pakai). Harganya yang lebih murah apabila dibandingkan dengan wireless, meski sebetulnya keberadaan kabelnya sedikit membuat repot, khususnya bagi yang memiliki PC yang cukup berantakkan kabelnya.

2. Mouse Nirkabel (Wireless)

Merupakan jenis mouse tanpa menggunakan kabel untuk menghubungkannya ke komputer, dan hanya mendukung port USB, juga sistem input yang menggunakan optic. Bisa berukuran besar ataupun kecil, biasanya juga mendukung untuk kebutuhan gaming ringan sampai kelas menengah.


Jenis Mouse Berdasarkan Fungsinya

Okeh yang terkahir, dari sisi fungsinya. Pada dasarnya mouse juga memiliki fungsi yang sama, yaitu menggerakan kursor pada monitor. Tapi bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu:

1. Mouse Standar

Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan sehari-hari, tanpa adanya fitur tambahan. Hanya terdiri dari dua tombol dan juga satu tombol tambahan untuk melakukan scrolling dengan trackball. Biasanya digunakan untuk kegiatan ringan seperti browsing, mengetik, dan sebagainya.

2. Mouse Gaming

Hehe yang terakhir tentulah tidak lengkap jika tidak menyertakan mouse gaming. Mouse yang ini lebih expert, didesain untuk keperluan gaming dan juga design yang membutuhkan presisi serta sensitivitas tinggi. Selain itu mouse jenis ini sangat nyaman untuk digenggam. Memiliki banyak tombol tambahan, seperti pengatur sensitivitas, tombol back dan next, tombol khusus untuk select, bahkan tombol keyboard numeric. Ya namanya juga untuk bermain game, pasti ada fitur tambahan untuk mengoptimalkan fitur pada game tertentu.

Soal harga sebetulnya juga masih bisa kita katakan wajar, alias tidak terlalu mahal. Berkisar 90 ribuan sampai jutaan pun juga ada, tapi yang paling sering dibeli gammer itu biasanya di kisaran harga 200 sampai 500 ribuan. Karena dengan budget segitu, kita bisa mendapatkan mouse gaming dengan kualitas bagus tanpa harus mengeluarkan dana berlebih. Untuk merk sebetulnya cukup banyak, mulai dari yang sejuta umat seperti Logit*ch, Raze*r, sampai Cors*ir pun juga ada, tergantung selera saja mau pilih yang mana.


Baiklah saya rasa cukup dulu untuk ulasan jenis mouse pada komputer, dan sejarah mouse komputer pada kali ini. Meski tidak terlalu lengkap tapi saya rasa cukup lah untuk dijadikan referensi dan sebagai jawaban untuk tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru kalian. Jangan lupa untuk like, dislike, share, ataupun comment ya. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat!

1 Response to "Jenis-Jenis Mouse pada Komputer Beserta Gambar dan Sejarahnya"

  1. Jenis-Jenis Mouse pada Komputer beserta Gambar dan Sejarahnya

    BalasHapus

Komentar yang mengandung spam akan dihapus!