Download Free Pascal 3.0.0 i386 Windows x86/x64

Download Free Pascal 3.0.0 i386 Windows x86/x64

Trojanymous.com - Download Free Pascal 3.0.0 i386 Windows x86/x64 adalah compiler open source untuk bahasa pemrograman Pascal dan Object Pascal yang berjalan secara cross platform. Saat ini versi 3.0.0 sudah support windows 8.1 dan 10 baik 32 bit maupun 64 bit, dan tidak membutuhkan software tambahan untuk menjalankannya. Kompilator ini dapat membuat aplikasi sekitar 20 pasangan arsitekur sistem operasi, untuk arsitektur sistem operasi yang kecil. Seperti membuat kalkulator, cek status, dan sebagainya.

Free Pascal sejarahnya berawal dari seorang pelajar Jerman, Florian Paul Klämpfl yang memulai pembuatan kompilator Pascal yang ditargetkan memiliki kompatibilitas tinggi dengan Turbo Pascal serta bisa cross platform dan menghasilkan kode 32-bit. Platform pertama yang didukung adalah DOS dengan go32v1 extender. Saat itu, kompilatornya bernama FPK Pascal dan ditulis dalam Turbo Pascal ditambah dengan beberapa Assembly untuk hal-hal yang tidak dapat dilakukan bahasa tingkat tinggi. Karena Turbo Pascal merupakan kompilator 16-bit, maka FPK Pascal juga 16-bit namun kode yang dihasilkannya 32-bit. 2 tahun kemudian, FPK Pascal mampu mengompilasi kode sumbernya sendiri menjadi 32-bit dan tidak lagi tergantung dengan Turbo Pascal. Kompilator tersebut pun mulai didistribusikan di Internet dan namanya diganti menjadi Free Pascal Compiler (FPC).

Dalam distribusi standarnya, Free Pascal menyertakan puluhan paket dan library untuk membuat aplikasi terutama yang bersifat non-trivial. Oleh sebab itu, Free Pascal bisa dengan mudah digunakan untuk membuat aplikasi besar. Programmer tidak perlu lagi repot-repot mencari fungsionalitas yang diperlukan karena sebagian besar sudah dimasukkan ke dalam library yang disediakan. Dari keseluruhan paket, dapat dibagi menjadi 3 paket besar, yaitu RTL (Run-Time Library), FCL (Free Component Library) dan paket pihak ketiga. Nah ingin membuat aplikasi juga? Silahkan download pascal versi terbaru untuk windows 32 bit dan 64 bit di bawah :)

Screenshot

Download Free Pascal 3.0.0 (31 MB)

32bit/64bit → Userscloud | Google Drive | Solidfiles | Upfile

Password:

Note: Untuk yang kesulitan melewati link sh.st, silahkan baca caranya di sini!!

Cara Install:

  1. Download installer di atas.
  2. Extract dengan Winrar dan masukkan passwordnya jika diminta.
  3. Buka folder hasil extract tadi, klik 2x pada file fpc-3.0.0.i386-win32.exe
  4. Klik next terus sampai proses instalasi berjalan dan tunggu.
  5. Kalau sudah selesai silahkan klik Finish untuk keluar dari setup.
  6. Selesai.

Download Free Pascal 3.0.0 i386 Windows x86/x64 32bit/64bit Terbaru

0 Response to "Download Free Pascal 3.0.0 i386 Windows x86/x64"

Komentar yang mengandung spam akan dihapus!