Cara Membuka atau Mengekstrak File Rar Zip dengan WinRAR

Cara Membuka atau Mengekstrak File Rar Zip dengan WinRAR

Cara Membuka atau Mengekstrak File Rar Zip dengan WinRAR - Yosh, pada kesempatan kali ini setelah baru saja selesai uas tepatnya, saya akan sedikit menjelaskan bagaimana caranya membuka atau mengekstrak file rar maupun zip dengan software yang sudah tidak asing di telinga kita yaitu WinRAR.

Sebenarnya sudah banyak menjelaskan tutorialnya di berbagai blog, hanya saja saya buat postingan ini agar tidak ada yang kebingungan menginstall game maupun software bajakan gratisan yang agan download di blog ini. Terutama bagi yang pertama kali bertemu dengan jenis file kompresi seperti .rar, .zip, .7z, dsb. pasti sudah bingung gak karuan seperti saya dulu pas masih SD.

Nah untuk itu saya akan jabarkan tutorial mengekstrak (extract) file rar dengan software utilities bernama winrar ini dengan mudah dan gambarnya juga terntunya agar tidak bingung mempraktekannya. Baik berikut langkah-langkahnya, klik gambarnya untuk memperjelas.

  1. Pertama tentunya kalian harus punya software winrar terlebih dahulu, atau yang belum terinstall di laptop atau pc, bisa mendownload di sini kemudian install pada laptop kalian masing-masing.

  2. Kalau sudah tinggal cari file rar atau zip dan sejenisnya yang akan dieksekusi nantinya. Biasanya kalau sudah menginstall winrar file rar akan m emiliki icon seperti ini.

  3. Kemudian klik kanan pada file yang akan kita extract, nanti akan muncul beberapa pilihan yang bisa kita pilih. Karena kita akan membuka file rar, maka klik yang bertulisan Extract Here seperti pada gambar.

  4. Jika file yang akan diekstrak meminta password, maka tinggal kalian masukan saja passwordnya. Password rar yang kalian masukan tentu tidak sembarangan, tergantung dimana tempat kalian mendownloadnya. Biasanya admin akan memberikan password rar yang pada umumnya adalah url atau alamat web mereka. Jika di blog ini saya kasih password "www.trojanymous.com" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan OK.

  5. Jika password yang dimasukan sudah benar, maka proses pengekstrakkan akan mulai berjalan. Semakin besar file yang dikompress maka semakin lama juga proses extract-nya. Begitu juga sebaliknya, lalu kita tunggu prosesnya.

  6. Kalau sudah selesai, nanti akan ada file atau folder yang muncul hasil dari pengestrakkan tadi. Contohnya seperti ini:

  7. Selanjutnya tinggal buka tuh foldernya, kalau tidak tahu caranya tinggal double klik foldernya nanti akan masuk ke dalamnya dan croottt... selamat proses ekstrak berhasil :)

Oke itu dia tadi mengenai tutorial cara ekstrak file rar dengan winrar, semoga bisa dipahami dan mudah dipraktekkan oleh agan semua yang membacanya (kalau ada wkwk). Jangan lupa beri komentar apabila ada pertanyaan atau kritikan, dan share juga apabila artikel sederhana ini bermanfaat bagi kalian. Tetap kunjungi blog ini, sekian dan terima kasih :)

Cara Ekstrak File Rar dengan WinRAR | How to extract file with Winrar

1 Response to "Cara Membuka atau Mengekstrak File Rar Zip dengan WinRAR"

  1. wah wah brosensenya diutak atik jadi tambah bagus kayak gini ya? top deh
    .
    untuk postnya aku lewat aja soalnya alat tempurnya cuman hp

    BalasHapus

Komentar yang mengandung spam akan dihapus!